19

DES  2011

House In Pekanbaru

By Andy Rahman. A, ST. IAI - Consultant Andy Rahman Architect
Posted On. 2011-12-19

1. Eksterior

Berawal dari keinginan klien untuk memiliki sebuah rumah yang bersih, efisien, dengan fungsi-fungsi ruang yang optimal, maka kami mencoba menawarkan sebuah konsep hunian yang lugas dengan detail yang tidak berlebihan. Fasad di desain dengan pendekatan penyederhanaan bentukan artificial, elemen dekoratif yang tidak perlu kita hilangkan. Bentukan rumah seperti ini sering kita sebut dengan rumah minimalis. Minimalis sendiri bukanlah sekedar style belaka, karena minimalis sangat terkait dengan filosofi hidup yang mengedepankan simplisitas dan efisiensi. Dalam konteks arsitektur, simplisitas diterjemahkan dalam bentukan sederhana tanpa detail yang berlebihan, sedangkan efisiensi diterapkan dengan memaksimalkan fungsi ruang. Pada fasad rumah ini, penerapan bidang datar yang polos, garis-garis sederhana serta eksplorasi bentuk geometris menjadi karakter kuat yang sengaja kami tonjolkan. Hasilnya rumah tersebut menjadi focal point  di tengah-tengah lingkungannya.

 

2. Ruang Tamu

Sejalan dengan tema desain eksterior rumah, maka tema desain interior yang kami angkat adalah minimalis modern. Desain interior pada area ruangan ini menggunakan warna yang bertujuan memberikan kesan modern, simpel, tegas, elegan, sejuk dan lapang yaitu perpaduan warna putih dengan aksentuasi warna hitam. Untuk mempertegas kesan ruang digunakan juga perpaduan material beberapa furnitur yaitu material kaca, acrylic, steinless steel dan kulit Oscar. Karpet pun juga sengaja di letakkan agar kesan cozy tetap terasa pada ruangan ini . Untuk elemen estetika sebagai point of view ruang menggunakan pengolahan material acrylic yang dibentuk secara menggelombang dan ditempelkan pada kaca mirror secara vertical horizontal membentuk ruang-ruang sejajar. Elemen estetika ini diletakkan pada background dinding dan dieksplore dengan sorotan lighting berwarna jingga agar bentukan dan kesan minimalis modern semakin terasa kuat. Kesan tersebut semakin terasa dengan penggunaan material granit warna gracio white berukuran 1mx1m pada lantai. Sedangkan untuk desain plafond menggunakan desain up ceiling dengan ditambahkannya permainan cahaya pada sela-sela up ceiling dan peletakkan triple downlight yang diletakkan ditengah2 ceiling sebagai pencahayaan tambahan. Pada jendela penggunaan vertical blind yang sama fungsinya sebagai korden agar lebih memberikan kesan modern pada ruang.

 

3. Ruang Keluarga

Sistem bentuk ruang yang memanjang membuat peletakan ruang keluarga berada di area tengah. Sehingga penggunaan furnitur harus benar-benar diolah agar kesan lapang dan modern tetap terasa, namun kesan cozy dengan pemilihan furnitur yang pas dan sesuai  pada warna, bentuk dan material untuk area berkumpulnya keluarga dan bersantai ini tetap tidak hilang. Material steinless steel, glass, kulit Oscar hitam dan carpet yang dapat memberikan sentuhan cozy sengaja dipadu padankan didalam ruang ini. Perpaduan warna putih sebagai warna dominan, hitam dan abu-abu sebagai aksentuasi dan warna kayu pada backdrop. Backdrop televisi digunakan sebagai point of view elemen estetika. Pengolahan material menggunakan lapisan HPL white glossy dan penambahan motif pada permukaannya berbentuk mosaic persegi acak  berwarna hitam dan abu-abu menambah kesan unik dan kontemporer, tidak lupa juga penambahan unsur kayu yang berfungsi sebagai aksen serta memberi kesan hangat pada ruangan. Unsur modernpun semakin di pertegas dengan adanya desain drop ceiling pada desain plafond untuk area ini, ditambah dengan permainan lighting yang terdapat sela-sela plafond.  Desain lantai yang menggunakan material granite warna gracio white berukuran 1mx1m. Penggunaan material lantai yang sama dengan ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan karena desain areanya yang menjadi satu kesatuan dan menerus. Area tangga digunakan sebagai penghubung antara lantai 1 dan 2 sekaligus sebagai partisi untuk area ruang tamu dan ruang keluarga. Media pembatas antara ruang tamu, ruang keluarga dan tangga ini juga berfungsi sebagai konstruksi tangga dan sebagai pembatas, dengan menggunakan material kaca glass dan memiliki ketebalan 8mm sampai 10mm yang ditempelkan pada kedua sisi tangga. Desain tangga yang artistic dan kontemporer dengan menggunakan material baja dan finishing cat besi warna hitam semakin memberikan kesan tegas dan elegan.

 

4. Ruang Makan

Ruang makan didesain untuk semakin memperkuat tema minimalis modern, hal ini diterjemahkan dengan adanya penggunaan material black acrylic pada material kursi makan untuk salah satu komponen interior dan hanging lamp yang berasal dari recycle botol bekas yang digunakan juga sebagai elemen estetika ruang. Perpaduan warna yang sama dengan area-area sebelumnya yaitu putih sebagai warna dominan, abu-abu dan hitam digunakan sebagai warna aksentuasi bertujuan menjadikan satu kesatuan komposisi untuk keseluruhan area. Kesan lapang lebih terasa dengan adanya pintu pivot yang menghubungkan antara ruang makan dan taman belakang.  

 

6. Kamar Tidur Utama View 1

Desain kamar tidur sengaja dirancang sangat cozy namun tetap mengedepankan unsur minimalis modern, hal ini di terjemahkan dengan perpaduan warna putih sebagai warna dominan, abu-abu sebagai aksen dan warna parquet untuk kesan menghangatkan suasana. Desain kamar tidur ini menggunakan konsep alas bed berbentuk spit level model panggung dengan ketinggian 40 cm dari lantai dasar. Peletakan bed yang berada ditengah area memberikan kesan lapang karena perbandingan antara tinggi bed dan alas tidak terpaut jauh, sehingga kesan penghuni hanya tidur beralaskan bed saja. Area panggung menggunakan material laminate floor dan lantai dasar menggunakan material granit gracio white. Area panggung ini juga didesain bersifat multifungsi, karena sebagai alas tempat tidur area ini juga digunakan sebagai area menonton televisi dan area rias. Area rias yang berada pada area pojok ini didesain sangat unik yaitu letak dudukan yang sejajar dengan alas panggung namun memiliki split level menurun dengan ketebalan 40cm sebagai tempat menopang kaki yang terletak pada dasar lantai. Sebagai elemen estetika ruangan ini, recycle pengolahan material pipa pvc untuk berbagai macam ukuran disajikan sejajar dan mengacak di kedua sisi ruangan. Pada backdrop selain adanya unsur pipa pvc kesan modern dipertegas dengan adanya frame hitam yang menggunakan material HPL glossy black. Desain plafond yang modern pada area ini dipertegas dengan konsep up ceiling.

 

Nama Proyek: House In Pekanbaru
Tahun: 2011
Jenis Bangunan: Rumah Tinggal Pribadi
Lokasi: Perumahan Lily Spring Garden, Riau, Pekanbaru
Status Proyek: Pra Rencana
Prinsipal Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Ricko Pradiantoro, ST
Desainer Interior:  Anindita Caesarayi Putri, ST 
Konsultan Arsitek: Andy Rahman Architect


  • 1. Eksterior

    1. Eksterior

  • 2. Ruang Tamu

    2. Ruang Tamu

  • 3. Ruang Keluarga

    3. Ruang Keluarga

  • 4. Ruang Makan

    4. Ruang Makan

  • 5. Area Tangga

    5. Area Tangga

  • 6. Kamar Tidur Utama View 1

    6. Kamar Tidur Utama View 1

  • 7. Kamar Tidur Utama View 2

    7. Kamar Tidur Utama View 2

  • 8. Denah LT. 1

    8. Denah LT. 1

  • 10. Tampak Depan

    10. Tampak Depan

  • 11. Potongan

    11. Potongan

  • 9. Denah LT. 2 dan 3

    9. Denah LT. 2 dan 3

  • House In Pekanbaru

    House In Pekanbaru



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • House in Summarecon

    House in Summarecon

  • Windcatcher House

    Windcatcher House

  • Rumah Sisa

    Rumah Sisa

  • Rumah Berongga

    Rumah Berongga


Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 367,587
  • Visitors today: 1
  • Visitors yesterday: 200
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,967,004
  • Page views of this page: 28,023
  • counter

 

 

Video Projects