19

APR  2012

Sidoarjo Mud Volcano Research Center

By Andy Rahman. A, ST. IAI - Consultant Andy Rahman Architect
Posted On. 2012-04-19

3. Museum Lumpur Sidoarjo

Sidoarjo Mud Volcano Research Center adalah salah satu karya Kami yang dipamerkan di ajang Indonesian Architects Week at Tokyo 2011. Bersama sekitar 46 arsitek dari Indonesia lainnya karya ini dipamerkan di 3331 Arts Chiyoda Gallery di Tokyo Jepang. Tujuan pameran ini sendiri adalah untuk membuka mata dunia akan peran arsitek Indonesia dan perkembangan arsitektur terkini di Indonesia, acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara UIA2011 Tokyo, The 24th World Conggress Of Architecture. Sidoarjo Mud Volcano Research Center juga masuk ke dalam buku Indonesian Architects for the International Union Of Architects Conggress Tokyo 2011, serta masuk seleksi Global Holcim Awards 2012 dan FuturArch Prize 2012. Isu Sustainable adalah isu central yang kami usung untuk proyek kita yang satu ini. Misi kami adalah untuk membuka mata Indonesia dan dunia, bahwa masalah Lumpur Sidoarjo sampai hari ini masih belum selesai. Lebih dari 11 desa telah hilang dari kota Sidoarjo dan ribuan rumah tinggal tenggelam. Hilang dari peradaban. Pendekatan desain kami dalam proyek ini adalah sebuah ide untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

1. Bird Eye View Sidoarjo Mud Volcano Research Center

Terletak di atas lahan seluas lebih kurang 20 ha (seluas 1 desa), pusat penelitian ini dibangun untuk meneliti kandungan Lumpur Sidoarjo dengan banyak tujuan. Namun, tujuan terpenting adalah untuk menumbuhkan kembali harapan dan kepercayaan diri masyarakat korban bencana lumpur Sidoarjo. Tujuan lain yang tidak kalah pentingnya adalah, keberadaan komplek bangunan penelitian ini diharapkan bisa menjadi triger bangkitnya ekonomi di daerah sekitar bencana. Pemilihan lokasi merupakan rekomendasi dari ahli Geologi, Geofisika dan Struktur Tanah, sehingga relatif aman dari luapan lumpur. Pemilihan struktur bagunannya pun merupakan rekomendasi dari Tim Ahli struktur. Tanah memang masih bersifat labil, sehingga konsep struktur yang dipilih adalah struktur bangunan panggung. Sedangkan konsep yang dipakai dalam perancangan bangunan meliputi  Penggunaan material bangunan baru, social responsibility, zero waste, low cost serta lokalitas. Penggunaan material baru hampir sama dengan pembuatan material konvensional, namun tidak membutuhkan pembakaran sehingga lebih hemat energi (Low Embodied Energy). Social Responsibility merupakan cara mengedukasi masyarakat tentang pengolahan lumpur. Zero waste, adalah cara mengguanakan lumpur sebagai material bangunan. Low cost, terjadi dengan tersedianya bahan murah di sekitar lingkungan. Sementara unsur lokalitas berarti semua upaya dilakukan untuk  memperkuat sumber daya lokal. Pusat penelitian ini terdiri dari beberapa massa bangunan. Bangunan utamanya adalah Research Center, di sebelah baratnya ada Menara Pandang, Laboratorium Penelitian, serta Laboratorium Geologi dengan beragam fasilitas. Ada juga Workshop dan Museum, serta sarana penunjang lainnya yang berkonsep kontekstual. Seluruh massa bangunan dirancang sesuai dengan fungsi dan hadir dalam tampilan kontemporer yang dinamis.

 

5. Gedung Penelitian Lumpur

Konsep ide yang kami tawarkan dalam menyelesaikan masalah lumpur Sidoarjo sebenarnya sederhana, Bila sumber daya alam (lumpur) yang begitu melimpah ruah ini (tiap harinya luapan lumpur sidoarjo mencapai 50.000-150.000 m3, dan diperkirakan oleh ahli Geologi semburannya baru berhenti sekitar 30 th lagi) bisa benar-benar dimanfaatkan sebagai bahan dasar bagunan, lalu diproduksi secara masal dan dipergunakan oleh masyarakat luas, maka selesai sudah masalah lumpur Sidoarjo yang selama ini menjadi masalah. Kami ingin mencoba mengubah persepsi, bahwa lumpur ini sebenarnya bukan bencana, tapi sumber daya alam yang melimpah bila kita semua mau dengan serius mengelolanya. Lumpur tersebut jangan hanya diteliti tapi tidak di follow up secara serius. Penelitian-penelitian selama ini hanya selesai sampai tahap hasil peneitian saja, lalu di biarkan tanpa di tindak lanjuti secara nyata. Hal inilah yang menyebabkan luapan lumpur Sidoarjo tidak selesai - selesai. Bila lumpur ini benar-benar berhasil di kembangkan menjadi produk material bangunan, lalu di produksi secara massal, maka masyarakat luas berbondong-bondong untuk mengambilnya, dengan sendirinya lumpur Sidoarjo akan habis. Masyarakat luas yang mau mengambilnya jangan dilarang, lumpur tersebut bisa dijadikan bahan dasar pengrajin batubata dan sebagai sumber mata pencaharian baru bagi para korban bencana lumpur yang ingin menjadi pengrajin batu bata atau bahan bagunan lainnya, hasilnya bisa dijual untuk menambah pendapatan mereka, dengan demikian lumpur tersebut akan terus berkurang. Tak perlu kita susah-susah membuangnya atau menaikkan tanggul, yang notabene memerlukan biaya yang besar. 

 

7. Gedung Workshop Lumpur

Pusat Penelitian Lumpur Sidoarjo ini merupakan pilot project, dimana gedung-gedungnya dibangun dengan bahan dasar lumpur Sidoarjo (mulai dari paving, grass block, batu bata, genteng, keramik, pasir multi guna hingga campuran beton). Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa lumpur Sidoarjo aman di pakai untuk bahan bagunan, dan komplek bangunan penelitian inilah buktinya. Bila berhasil maka, tahap berikutnya adalah membuatkan rumah-rumah sederhana bagi korban lumpur yang telah kehilangan rumah-rumah mereka. Rumah-rumah tersebut dibangun dari 8 material bangunan yang berasal dari lumpur Sidoarjo. Sehingga, disamping bisa menyelesaikan masalah lumpur tersebut, pemerintah juga sekaligus bisa mengganti rugi rumah-rumah warga yang menjadi korban lumpur Sidoarjo. Ditengah-tengah keputus-asa-an pemegang kebijakan dalam menyelesaikan masalah yang tak kunjung selesai ini. Ditengah-tengah keputus-asa-an para korban terdampak dalam menuntut haknya. Tidak ada salahnya bila kita mencoba. Gedung penelitian dan workshop nantinya diharapkan benar-benar bisa berperan secara optimal, sehingga bisa menghasilkan temuan-temuan baru yang akan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Setiap temuan dari resarch center akan di follow up di workshop, demikian seterusnya. Sumber daya manusianya ( yg bekerja di workshop) haruslah mengambil dari para korban lumpur dan masyarakat sekitar. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh korban dan warga sekitar. Akan lebih bijak bila kita fokus pada pemanfaatan sumber daya alam tersebut, bukan hanya sibuk membuangnya.

 

2. Museum Lumpur Sidoarjo

Dari potensinya sendiri, lumpur Sidoarjo bisa dimanfaatkan untuk delapan item bahan bangunan, yakni untuk keramik, campuran beton (geo polymer), pasir multiguna, paving block, batu bata, beton, genteng, dan grass block yang akan diaplikasikan pada bangunan. Material-material tersebut sudah lulus uji karakteristik bahan, kuat tekan, toksisitas dan bahkan telah di uji cobakan kedalam bangunan. Tidak hanya berhenti sebatas diteliti dan di uji, maka harusnya material - material tersebut sudah harus di produksi secara massal dan dipergunakan oleh masyarakat luas. Sekarang bukan waktunya berpangku tangan. Mari kita bersama - sama dan bahu membahu merealisasikannya. Bukan hanya pemerintah, tapi seluruh masyarakat harusnya turut berperan.   Khusus untuk pembangunannya, komplek penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertama dimulai dengan pembagunan gedung penelitian, lalu tahap ke dua pembangunan gedung workshop dan yang terakhir pembangunan gedung museum dan fasilitas lainnya. Pembagian bertahap ini adalah strategi untuk menekan anggaran biaya pelaksanaan dan memprioritaskan gedung yang lebih penting untuk keperluan masyarakat. Seluruh gedung komplek penelitian ini adalah investasi jangka panjang tidak hanya untuk kota Sidoarjo melainkan untuk Indonesia.

 

Nama Proyek: Sidoarjo Mud Volcano Research Center 
Tahun: 2011 
Luas Tanah: 20 ha
Luas Banguan: 40.000 m2 
Jenis Bangunan: Pusat Penelitian dan Fasilitas Pendukung 
Lokasi: Desa Siring, Kec. Jabon, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur 
Status Proyek: Pra Rencana 
Prinsipal Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI 
Tim Arsitek: Abdi Manaf. R, ST, Yuli Astuti. P, ST, Ricko Pradiantoro, ST, Livie Sukma. T, ST, Bayu Harto, ST
Konsultan Arsitek: Andy Rahman Architect


  • 1. Bird Eye View Sidoarjo Mud Volcano Research Center

    1. Bird Eye View Sidoarjo Mud Volcano Research Center

  • 2. Museum Lumpur Sidoarjo

    2. Museum Lumpur Sidoarjo

  • 3. Museum Lumpur Sidoarjo

    3. Museum Lumpur Sidoarjo

  • 4. Museum Lumpur Sidoarjo

    4. Museum Lumpur Sidoarjo

  • 5. Gedung Penelitian Lumpur

    5. Gedung Penelitian Lumpur

  • 6. Gedung Penelitian Lumpur

    6. Gedung Penelitian Lumpur

  • 7. Gedung Workshop Lumpur

    7. Gedung Workshop Lumpur

  • 8. Gedung Workhsop Lumpur

    8. Gedung Workhsop Lumpur

  • 9. Masjid

    9. Masjid

  • 10. Master Plan Sidoarjo Mud Volcano Research Center

    10. Master Plan Sidoarjo Mud Volcano Research Center

  • 11. Pembagian Zona Berdasarkan Fungsi

    11. Pembagian Zona Berdasarkan Fungsi

  • 12. Proses Pembuatan Batu Bata Lapindo

    12. Proses Pembuatan Batu Bata Lapindo

  • 13. Sejarah Lumpur Sidoarjo

    13. Sejarah Lumpur Sidoarjo

  • 14. Konsep Massa Gedung Museum

    14. Konsep Massa Gedung Museum

  • 15. Konsep Massa Gedung Penelitian

    15. Konsep Massa Gedung Penelitian

  • 16. Konsep Massa Gedung Workshop

    16. Konsep Massa Gedung Workshop

  • 17. Foto Maket Museum Lumpur Sidoarjo dan Batu Bata Lumpur Sidoarjo yang di Pamerkan di Jepang.JPG

    17. Foto Maket Museum Lumpur Sidoarjo dan Batu Bata Lumpur Sidoarjo yang di Pamerkan di Jepang.JPG

  • 18. Foto Maket Museum Lumpur Sidoarjo yang di Pamerkan di Jepang

    18. Foto Maket Museum Lumpur Sidoarjo yang di Pamerkan di Jepang

  • 19. Foto Maket Museum Lumpur dan Batu Bata Lumpur Sidoarjo yang di Pamerkan di Jepang

    19. Foto Maket Museum Lumpur dan Batu Bata Lumpur Sidoarjo yang di Pamerkan di Jepang

  • 20. Pameran Indonesian Architects Week at Tokyo 2011.JPG

    20. Pameran Indonesian Architects Week at Tokyo 2011.JPG

  • 21. Bersama-sama Arsitek yang pameran di Indonesian Architects Week at Tokyo 2011.JPG

    21. Bersama-sama Arsitek yang pameran di Indonesian Architects Week at Tokyo 2011.JPG

  • 22. Presentasi ke Dubes RI di Jepang

    22. Presentasi ke Dubes RI di Jepang

  • 23. Tim andyrahman architect yang berangkat Pameran ke Jepang.JPG

    23. Tim andyrahman architect yang berangkat Pameran ke Jepang.JPG

  • 24. Tim andyrahman architect yang berangkat Pameran ke Jepang.JPG

    24. Tim andyrahman architect yang berangkat Pameran ke Jepang.JPG

  • 25. andyrahman architect @ Indonesian Architects Week at Tokyo 2011

    25. andyrahman architect @ Indonesian Architects Week at Tokyo 2011

  • 26. Tim Perencana Sidoarjo Mud Volcano Research Center

    26. Tim Perencana Sidoarjo Mud Volcano Research Center

  • 27. Batu Bata Lumpur Lapindo Saat Proses Pengeringan.JPG

    27. Batu Bata Lumpur Lapindo Saat Proses Pengeringan.JPG

  • 28. Batu bata lumpur sidoarjo.JPG

    28. Batu bata lumpur sidoarjo.JPG

  • 29. Proses Pembuatan Batu Bata Lumpur Sidoarjo

    29. Proses Pembuatan Batu Bata Lumpur Sidoarjo

  • 30. Lokasi Pusat Penelitian

    30. Lokasi Pusat Penelitian

  • 31. Lokasi Pusat Penelitian

    31. Lokasi Pusat Penelitian

  • 32. Site

    32. Site

  • 33. Genteng yang terbuat dari Lumpur Sidarjo

    33. Genteng yang terbuat dari Lumpur Sidarjo

  • 34. Grass Block dari bahan dasar Lumpur Sidoarjo

    34. Grass Block dari bahan dasar Lumpur Sidoarjo

  • 35. Paving Block dari bahan dasar Lumpur Sidoarjo

    35. Paving Block dari bahan dasar Lumpur Sidoarjo



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Klinik Bersalin Adi Buana

    Klinik Bersalin Adi Buana

  • La DIva Junction

    La DIva Junction

  • Lo[W] Brick House

    Lo[W] Brick House

  • Mud Victims Workshop

    Mud Victims Workshop


  • Siti Aminah [ ] said:


    Halo, Nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 4 pinjaman yang berbeda pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang. Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya sebesar 800 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda bebas untuk menghubungi saya dan dengan senang hati saya akan menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu yang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    in: January 7, 2018 at: 8:06 am

  • Habibie Hidayat [ ] said:


    Halo Nama saya Habibie Hidayat ke dalam pelaksanaan proyek saya juga merupakan penasihat khusus mengenai masalah teknis karena orang-orang ini berkonsultasi dengan saya dalam berbagai isu terkait proyek yang saya katakan adalah konsultan teknis. Saya sangat senang karena hasil dari pengetahuan syair saya dalam masalah proyek, orang-orang juga mulai menghubungi saya di tempat yang terpercaya dan berkomitmen untuk mendapatkan pinjaman mereka sehingga memungkinkan mereka mendanai proyek mereka dan karena saya suka membantu orang dan juga sebagai akibat dari layanan tanpa pamrih saya. Bagi umat manusia dalam hal proyek yang menuntut jumlah besar, panggilan pertama saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM ini adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada semua kliennya saya karena dihubungi untuk mengawasi proyek tertentu yang dikeluhkan oleh klien saya dia tidak memiliki cukup dana untuk proyeknya, saya harus mengarahkannya ke Ibu Iskandar setelah pinjamannya berhasil disetujui oleh Borad dan semua detilnya mencantumkan pinjamannya sebesar billi ons berhasil dipindahkan ke akunnya tanpa ada tekanan silahkan sebagai penasihat teknis dan konsultan jika Anda menghubungi Ibu Iskandar sehingga Anda memiliki cukup dana untuk proyek Anda atau Anda memerlukan Jutaan untuk bisnis Anda dan keperluan pribadi lainnya sekarang. Tempat yang tepat untuk pergi adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM karena mereka memberikan pinjaman adalah berbagai mata uang (RP, RYM, $) jika Anda membutuhkan pinjaman segera tanpa jaminan keamanan {KTA}, Anda dapat menghubungi mereka melalui email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} tolong Anda harus menjadi klien yang tulus dan berkomitmen karena akan menjadi tidak saleh bagi Anda untuk mencuri uang Ibu dan melarikan diri jadi mohon memproses pinjaman Anda dengan Ibu Iskandar dengan pikiran bersih karena dijamin oleh Anda jika Anda meminjamkan disetujui Anda akan mendapatkan pinjaman jadi mohon lupakan perusahaan lain yang menipu Anda sebelum Ibu ada di sini untuk menyelamatkan Anda dari krisis finansial manapun yang Anda hadapi karena yakin bahwa semua trauma yang Anda hadapi gh adalah seluruh InshyaAllah.Anda juga dapat menghubungi Ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} karena pinjaman Anda akan berhasil dipindahkan ke rekening Bank Anda tanpa ada tekanan dan juga jangan lupa untuk menghubungi saya {habibiehidayat1@gmail.com} ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM pasti akan membawa kehidupan finansial ke keluarga Anda, proyek dan banyak lagi{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} BBM INVITE-nya: {D8980E0B}{habibiehidayat1@gmail.com}

    in: February 3, 2018 at: 4:31 am

  • Habibie Hidayat [ ] said:


    Halo Nama saya Habibie Hidayat ke dalam pelaksanaan proyek saya juga merupakan penasihat khusus mengenai masalah teknis karena orang-orang ini berkonsultasi dengan saya dalam berbagai isu terkait proyek yang saya katakan adalah konsultan teknis. Saya sangat senang karena hasil dari pengetahuan syair saya dalam masalah proyek, orang-orang juga mulai menghubungi saya di tempat yang terpercaya dan berkomitmen untuk mendapatkan pinjaman mereka sehingga memungkinkan mereka mendanai proyek mereka dan karena saya suka membantu orang dan juga sebagai akibat dari layanan tanpa pamrih saya. Bagi umat manusia dalam hal proyek yang menuntut jumlah besar, panggilan pertama saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM ini adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada semua kliennya saya karena dihubungi untuk mengawasi proyek tertentu yang dikeluhkan oleh klien saya dia tidak memiliki cukup dana untuk proyeknya, saya harus mengarahkannya ke Ibu Iskandar setelah pinjamannya berhasil disetujui oleh Borad dan semua detilnya mencantumkan pinjamannya sebesar billi ons berhasil dipindahkan ke akunnya tanpa ada tekanan silahkan sebagai penasihat teknis dan konsultan jika Anda menghubungi Ibu Iskandar sehingga Anda memiliki cukup dana untuk proyek Anda atau Anda memerlukan Jutaan untuk bisnis Anda dan keperluan pribadi lainnya sekarang. Tempat yang tepat untuk pergi adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM karena mereka memberikan pinjaman adalah berbagai mata uang (RP, RYM, $) jika Anda membutuhkan pinjaman segera tanpa jaminan keamanan {KTA}, Anda dapat menghubungi mereka melalui email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} tolong Anda harus menjadi klien yang tulus dan berkomitmen karena akan menjadi tidak saleh bagi Anda untuk mencuri uang Ibu dan melarikan diri jadi mohon memproses pinjaman Anda dengan Ibu Iskandar dengan pikiran bersih karena dijamin oleh Anda jika Anda meminjamkan disetujui Anda akan mendapatkan pinjaman jadi mohon lupakan perusahaan lain yang menipu Anda sebelum Ibu ada di sini untuk menyelamatkan Anda dari krisis finansial manapun yang Anda hadapi karena yakin bahwa semua trauma yang Anda hadapi gh adalah seluruh InshyaAllah.Anda juga dapat menghubungi Ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} karena pinjaman Anda akan berhasil dipindahkan ke rekening Bank Anda tanpa ada tekanan dan juga jangan lupa untuk menghubungi saya {habibiehidayat1@gmail.com} ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM pasti akan membawa kehidupan finansial ke keluarga Anda, proyek dan banyak lagi{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} BBM INVITE-nya: {D8980E0B}{habibiehidayat1@gmail.com}

    in: February 3, 2018 at: 4:31 am

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo, saya adalah Ibu Annisa Ahmad, pinjaman pribadi bagi kreditur untuk meminjamkan uang Waktu kemungkinan Anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar pinjaman Anda atau pinjaman yang Anda butuhkan untuk memperbaiki bisnis Anda lakukan? Anda telah ditolak oleh bank Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman konsolidasi atau hipotek? Mencari lebih, karena di sinilah kita melakukan segalanya untuk menjaga agar masalah keuangan kita tetap rendah ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan dukungan finansial, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan untuk diinvestasikan Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang andal, dan siap menawarkan pinjaman. tidak peduli jumlah yang Anda butuhkan kami di sini untuk menawarkan Anda ketika Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda Jadi hubungi kami hari ini via email: (annisaahmadlaoncompany@gmail.com) También puede contactarnos por BBM pin: (DB5121C1) Anda bisa menghubungi kami di FACE BOOK: (Annisa Ahmad) Saya WhatsApp: ( 393511318582)

    in: February 25, 2018 at: 4:10 am

  • Metrolina Credit Company [ ] said:


    Nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 4 pinjaman yang berbeda pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang. Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Ibu Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya sebesar 800 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan pada suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu Saya ingin Anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda bebas untuk menghubungi saya dan dengan senang hati saya akan menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu yang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda. Balas

    in: February 27, 2018 at: 10:10 am

  • Mahammad ismali [ ] said:


    kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    in: March 15, 2018 at: 4:50 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Nama saya Habibie Hidayat ke dalam pelaksanaan proyek saya juga merupakan penasihat khusus mengenai masalah teknis karena orang-orang ini berkonsultasi dengan saya dalam berbagai isu terkait proyek yang saya katakan adalah konsultan teknis. Saya sangat senang karena hasil dari pengetahuan syair saya dalam masalah proyek, orang-orang juga mulai menghubungi saya di tempat yang terpercaya dan berkomitmen untuk mendapatkan pinjaman mereka sehingga memungkinkan mereka mendanai proyek mereka dan karena saya suka membantu orang dan juga sebagai akibat dari layanan tanpa pamrih saya. Bagi umat manusia dalam hal proyek yang menuntut jumlah besar, panggilan pertama saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM ini adalah perusahaan yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada semua kliennya saya karena dihubungi untuk mengawasi proyek tertentu yang dikeluhkan oleh klien saya dia tidak memiliki cukup dana untuk proyeknya, saya harus mengarahkannya ke Ibu Iskandar setelah pinjamannya berhasil disetujui oleh Borad dan semua detilnya mencantumkan pinjamannya sebesar billi ons berhasil dipindahkan ke akunnya tanpa ada tekanan silahkan sebagai penasihat teknis dan konsultan jika Anda menghubungi Ibu Iskandar sehingga Anda memiliki cukup dana untuk proyek Anda atau Anda memerlukan Jutaan untuk bisnis Anda dan keperluan pribadi lainnya sekarang. Tempat yang tepat untuk pergi adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM karena mereka memberikan pinjaman adalah berbagai mata uang (RP, RYM, $) jika Anda membutuhkan pinjaman segera tanpa jaminan keamanan {KTA}, Anda dapat menghubungi mereka melalui email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} tolong Anda harus menjadi klien yang tulus dan berkomitmen karena akan menjadi tidak saleh bagi Anda untuk mencuri uang Ibu dan melarikan diri jadi mohon memproses pinjaman Anda dengan Ibu Iskandar dengan pikiran bersih karena dijamin oleh Anda jika Anda meminjamkan disetujui Anda akan mendapatkan pinjaman jadi mohon lupakan perusahaan lain yang menipu Anda sebelum Ibu ada di sini untuk menyelamatkan Anda dari krisis finansial manapun yang Anda hadapi karena yakin bahwa semua trauma yang Anda hadapi gh adalah seluruh InshyaAllah.Anda juga dapat menghubungi Ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} karena pinjaman Anda akan berhasil dipindahkan ke rekening Bank Anda tanpa ada tekanan dan juga jangan lupa untuk menghubungi saya {habibiehidayat1@gmail.com} ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM pasti akan membawa kehidupan finansial ke keluarga Anda, proyek dan banyak lagi{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} BBM INVITE-nya: {D8980E0B}{habibiehidayat1@gmail.com}

    in: March 19, 2018 at: 7:32 am

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo, saya adalah Ibu Annisa Ahmad, pinjaman pribadi bagi kreditur untuk meminjamkan uang Waktu kemungkinan Anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar pinjaman Anda atau pinjaman yang Anda butuhkan untuk memperbaiki bisnis Anda lakukan? Anda telah ditolak oleh bank Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman konsolidasi atau hipotek? Mencari lebih, karena di sinilah kita melakukan segalanya untuk menjaga agar masalah keuangan kita tetap rendah ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan dukungan finansial, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan untuk diinvestasikan Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang andal, dan siap menawarkan pinjaman. tidak peduli jumlah yang Anda butuhkan kami di sini untuk menawarkan Anda ketika Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda Jadi hubungi kami hari ini via email: (annisaahmadlaoncompany@gmail.com) También puede contactarnos por BBM pin: (DB5121C1) Anda bisa menghubungi kami di FACE BOOK: (Annisa Ahmad) Saya WhatsApp: ( 393511318582)

    in: March 19, 2018 at: 7:33 am

  • Okta Mira [ ] said:


    "Alhamdulillah"   Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses   Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Website:(iskandarlestari.wordpress.com) Calls Only ::{ 16264653418} WhatsApp Only::{ 33753893351} Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7) BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)     Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)

    in: March 26, 2018 at: 10:22 am

  • amisha [ ] said:


    KABAR BAIK Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu. Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan. Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan. Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    in: May 13, 2018 at: 6:39 pm

  • kissmanga [ http://kissmangalist.com ] said:


    Ada juga Workshop dan Museum, serta sarana penunjang lainnya yang berkonsep kontekstual. Seluruh massa bangunan dirancang sesuai dengan fungsi dan hadir dalam tampilan kontemporer yang dinamis.

    in: May 24, 2018 at: 10:16 pm

  • Fahru Rijal [ ] said:


    mohon bantuanya untuk mencari pinjaman modal yg amanah dan tidak menipu, karena saya pernah tertipu oleh pemberi pinjaman palsu..terima kasih

    in: September 7, 2018 at: 4:03 pm

  • Fahru Rijal [ ] said:


    mohon bantuanya untuk mencari pinjaman modal yg amanah dan tidak menipu, karena saya pernah tertipu oleh pemberi pinjaman palsu..terima kasih

    in: September 7, 2018 at: 4:03 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 357,695
  • Visitors today: 190
  • Visitors yesterday: 182
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,921,756
  • Page views of this page: 7,883
  • counter

 

 

Video Projects