03

JUN  2015

Unisdacentrum

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2015-06-03

3. Unisdacentrum View 3

Gedung Rektorat merupakan jantung dari sebuah perguruan tinggi, karena di sinilah semua kegiatan kampus direncanakan, diarahkan dan dikendalikan dalam sebuah orkestrasi akademik yang seirama untuk mencapai cita-cita bersama. Rektorat juga memiliki hirarki yang tertinggi dalam sebuah kampus, karena di dalamnya bertempat pucuk pimpinan kampus beserta jajarannya. Unisda Lamongan merupakan sebuah kampus yang mulai naik daun dan semakin diminati masyarakat di daerah Lamongan dan sekitarnya, sehingga perlu membangun gedung rektorat yang representatif sebagai simbol perguruan tinggi yang terus membuat kemajuan demi kemajuan. Berlokasi di Sukodadi, di tepi jalan pantura (pantai utara) Jawa Timur yang merupakan urat nadi ekonomi Jawa dan Indonesia, gedung ini memiliki posisi yang strategis di Kota Lamongan. Di kota ini masih belum banyak gedung tinggi, apalagi yang mencapai tujuh lantai, sehingga keberadaan gedung rektorat Unisda ini berpotensi menjadi salah satu landmark yang cukup signifikan di Lamongan yang dengan mudah terlihat dari beberapa penjuru. Gedung Rektorat juga menjadi sebuah pancaran citra, maka gedung ini dirancang dengan konsep yang kontekstual dengan lingkungan kampus dan daerah Lamongan, agar mampu menjadi penanda lingkungan dan penanda kota yang diperhitungkan.

 

1. Unisdacentrum View 1

Pada awalnya, pihak kampus Unisda hanya mengenal rektorat yang biasa saja, dengan bentuk yang konvensional. Lalu oleh arsitek diperkenalkan pada rektorat-rektorat di Indonesia yang lebih kontemporer di masa kini, yang tampil dengan stylish tanpa kehilangan semangat pendidikannya. Misalnya: Menara Pinisi di Universitas Negeri Makasar dan Rektorat Universitas Padjadjaran di Jatinangor, juga Rektorat Universitas Multimedia Nusantara di Serpong. Oleh sebab itu, ide awal Rektorat Unisda ini tidak bermula dari bentuk lahan kotak, tetapi dari bentukan segilima yang diambil dari logo kampus ini dan juga logo Kabupaten Lamongan. Bentuk segilima tersebut dipasang pada site yang dikomposisikan sedemikian rupa dan memunculkan dua massa yang cukup unik. Dua massa gedung yang berdiri tak sejajar, tetapi justru melebar ke depan, yang memberi kesan mengundang dan menyambut siapa saja yang datang ke kampus Unisda. Kedua massa bangunan itu kemudian ditransformasikan ke dalam dua bentukan yang berbeda atau asimetris, tetapi tetap dijaga agar tetap tampak serasi dan dinamis. Dua massa tersebut diletakkan di samping kiri-kanan jalan kampus, yang menjadikan dua gedung ini menjadi berfungsi ganda, yaitu sebagai gerbang (karena berada di kiri-kanan jalan utama kampus) dan sebagai pusat (sentral kegiatan di dalam lingkungan kampus Unisda).

 

5. Bird Eye View

Dua massa utama ini dibagi menjadi dua fungsi yang berbeda juga. Gedung yang lebih tinggi adalah Gedung Rektorat, sedangkan massa yang satu lagi - yang terletak di seberangnya - sebagai Auditorium Unisda, tempat diadakan acara wisuda mahasiswa dan juga acara-acara yang lain. Tempat parkir sengaja diletakkan di bagian belakang dan samping gedung, agar tidak mengganggu pandangan, terutama dari sisi depan. Tujuh lantai Gedung Rektorat untuk mewadahi berbagai macam kegiatan di Unisda. Lantai 1 dijadikan sebagai public area dan bisa diakses secara bebas oleh civitas akademika kampus, lantai ini bersifat terbuka tanpa dinding, seperti kolong besar yang bisa dipakai untuk berbagai kegiatan publik seperti hall atau lobby, foodcourt, toko buku dan bank. Juga untuk kegiatan garis depan kampus seperti resepsionis, administrasi front office dan marketing. Sedangkan lantai 2 difungsikan sebagai ruang kantor administrasi BAAK, BAUK, BPM dan BAUSP. Di lantai ini juga terdapat ruang rapat insidentil dan dilengkapi ruang tunggu. Di lantai 3 terdapat ruang kantor dua fakultas, yaitu FAPERTA dan FMIPA, juga terdapat ruang kuliah. Lalu lantai 4 dipakai untuk kantor FISIP dan FH, dan juga ruang Pascasarjana yang dilengkapi dengan musholla. Lantai 5 sebagai ruang FKIP dan FT, sementara lantai 6 untuk ruang FE dan FAI. Di bagian puncak lantai 7 untuk ruang Yayasan dan ruang Rektor, serta ruang para Wakil Rektor, lengkap dengan sarana ruang rapat. Fasilitas service seperti lift, tangga dan toilet diletakkan di tengah dan tipikal, lalu di ujung utara dan selatan gedung terdapat dua tangga darurat sesuai standar keselamatan bangunan. Sedangkan untuk gedung Auditorium, lantai 1 juga dimanfaatkan sebagai public space dan area drop-off. Kemudian lantai 2 untuk fungsi utama, yaitu auditorium yang mampu menampung hingga 518 orang, lengkap dengan ruang-ruang penunjang seperti podium, ruang VIP, gudang peralatan dan ruang operator. Untuk lantai 3 berupa tribun besar berbentuk U berkapasitas 310 orang dengan tempat duduk model teater (meninggi ke belakang) yang masih bisa melihat ke arah podium di lantai bawahnya.

 

4. Unsidacentrum View 4

Dua bangunan utama ini memang dirancang multifacet (banyak wajah), sehingga akan didapatkan impresi yang berbeda jika dilihat dari arah yang berbeda. Posisinya cukup strategis di tengah-tengah kampus, sehingga harus bagus dan layak dilihat dari berbagai arah. Bagian depan Gedung Rektorat yang menghadap jalan kampus didominasi oleh bukaan-bukaan kaca yang lebar dan transparan, menunjukkan citranya sebagai bangunan kontemporer yang terbuka dan lugas. Kaca sebagai material yang hanya membatasi secara fisik, tetapi secara visual mampu memasukkan elemen di luar ke dalam bangunan, demikian pula sebaliknya, sehingga bisa selaras dan terhubung dengan lingkungannya. Lalu, bagian eksterior sisi utara Gedung Rektorat dipenuhi dengan ornamentasi arabesque seluruhnya, sehingga memberi efek dematerialisasi, karena lekuk-lekuk ornamen yang demikian penuh. Ornamen ini juga memberi persepsi spasialitas pada massa bangunan, sehingga lebih terlihat meruang dan tidak masif/pejal. Apalagi di malam hari, ornamentasi menjadi lebih hidup karena cahaya lampu yang menerobos sela-sela elemen dekoratifnya. Di sisi ini juga dipasang tulisan Unisda dalam ukuran besar, agar terlihat dengan jelas dari arah jalan pantura. Untuk bidang dinding yang masif yang lebar - berwarna putih yang menerus dari bawah ke atas - memakai material aquapanel yang bisa menghasilkan bentukan lebar dan tinggi tanpa retakan, sehingga menghasilkan bidang dinding yang smooth dan bersih, dan sekaligus memunculkan kesan rapi dan kokoh. Secara umum, gedung ini memiliki tampilan kontemporer dan cukup mengena, dengan material selubung kaca dipadu lempeng-lempeng beton, juga dengan ornamentasi yang mampu memancarkan image masa kini. Ornamentasi geometris yang disebut arabesque tersebut juga memperkuat kehadiran Unisda sebagai kampus Islami. Masih ditambah dengan sentuhan green berupa skydeck yang memperkuat konsep ramah lingkungan pada kampus ini. Sedangkan pada Auditorium, bagian depan didominasi ornamentasi yang mengulang ornamentasi pada Gedung Rektorat, juga mengulang penggunaan kaca dan lempeng beton dengan komposisi yang berbeda, sehingga masih terbentuk unity antara keduanya. Letaknya di seberang jalan kampus sebagai penyeimbang yang sepadan dengan keberadaan Rektorat, dengan tingkat kemasifan eksterior yang lebih tinggi karena fungsinya yang lebih berorientasi ke dalam. Tetapi sosoknya yang lebih rendah membuat bangunan ini juga berfungsi sebagai pendukung tower Gedung Rektorat. Dek atap bagian atas auditorium ini dijadikan sebagai roof garden, sekaligus sebagai view dari arah Gedung Rektorat.

 

8. Ruang Rektor

Interior dua gedung ini didominasi oleh empat warna utama, yaitu: hijau, kuning, putih dan hitam. Hijau melambangkan sisi religius dan membumi, kuning sebagai simbol kejayaan dan prestasi, hitam sebagai lambang istiqomah, dan putih menunjukkan kesucian dan ketulusan. Meski demikian, interior tetap dirancang selaras dengan eksteriornya. Pada dua gedung ini, ruang-ruang dalamnya bernuansa simple, rapi, lugas dan bersih, yang diimbangi dengan ornamentasi yang kaya pada pembatas ruang, railing tangga dan pagar dengan pola-pola arabesque dalam berbagai motif dan bentuk. Ornamentasi ini memberi sentuhan kerumitan untuk mengimbangi bidang-bidang lain yang tampil lugas dan bersih. Selain itu, ornamentasi arabesque ini juga memberi nuansa religius, karena diambil dari ornamentasi Islami. Secara kreatif, warna kuning dimunculkan dari tata lampu (lighting), yang membuat suasana interior terlihat lebih hidup. Di auditorium dan tribun, ruang didominasi oleh deretan kursi-kursi berwarna hijau sebagai warna brand dari kampus ini, dipadu dengan warna putih yang menimbulkan aksen bersih, simple dan ringan. Juga dengan aksentuasi hitam pada kolom yang terlihat lebih kokoh, stabil dan masif.

 

Nama Proyek: Unisdacentrum

Lokasi Proyek: Kampus Unisda Lamongan, Jl. Airlangga, Desa Sukodadi, Lamongan
Luas Tanah/Bangunan: 7.042/8.651 m2
Tahun Perencanaan: 2015
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Tim Arsitek: Imam Prasetyo, ST, Muchammad Ubay, ST, Fathoni, ST, Reni Dwi Rahayu, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST
Teks: Anas Hidayat


  • 1. Unisdacentrum View 1

    1. Unisdacentrum View 1

  • 2. Unisdacentrum View 2

    2. Unisdacentrum View 2

  • 3. Unisdacentrum View 3

    3. Unisdacentrum View 3

  • 4. Unsidacentrum View 4

    4. Unsidacentrum View 4

  • 5. Bird Eye View

    5. Bird Eye View

  • 6. Receptionist

    6. Receptionist

  • 7. Kantin

    7. Kantin

  • 8. Ruang Rektor

    8. Ruang Rektor

  • 9. Layout Plan

    9. Layout Plan

  • 10. Rektorat lt.1

    10. Rektorat lt.1

  • 11. Rektorat lt.2

    11. Rektorat lt.2

  • 12. Rektorat lt.3

    12. Rektorat lt.3

  • 13. Rektorat lt.4

    13. Rektorat lt.4

  • 14. Rektorat lt.5

    14. Rektorat lt.5

  • 15. Rektorat lt.6

    15. Rektorat lt.6

  • 16. Rektorat lt.7

    16. Rektorat lt.7

  • 17. Auditorium lt.1

    17. Auditorium lt.1

  • 18. Auditorium lt.2

    18. Auditorium lt.2

  • 19. Auditorium lt.3

    19. Auditorium lt.3

  • 20. Auditorium lt.4

    20. Auditorium lt.4

  • 21. Tampak Depan

    21. Tampak Depan

  • 22. Tampak Samping Kiri

    22. Tampak Samping Kiri

  • 23. Potensi Site

    23. Potensi Site

  • 24. Landasan Desain

    24. Landasan Desain

  • 25. Transformasi Desain

    25. Transformasi Desain



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • La DIva Junction

    La DIva Junction

  • Royal Bali Hotel

    Royal Bali Hotel

  • Simokerto Elementary School

    Simokerto Elementary School

  • Nusantara Traisser Office

    Nusantara Traisser Office


  • happy wheels [ http://happywheels-free.com/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 2:38 am

  • impossible game [ http://impossiblegame.co/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 2:39 am

  • roll he ball [ http://rolltheball.co/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 2:39 am

  • Anna Shetty [ ] said:


    I really like your point you have written very amazingly. Thanks for sharing your information with everyone and keep posting <a href="https://www.routerlogin.wiki">router login</a>

    in: January 5, 2018 at: 2:45 am

  • jane [ ] said:


    Halo, Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami bisa memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

    in: January 10, 2018 at: 5:20 pm

  • lbarhim mahud [ ] said:


    Terapkan ke Global Fund Foundation untuk mendapatkan pinjaman asli dan di sana saya baru saja mendapat pinjaman pada hari senin 15/01/2018 mereka telah mencerahkan tahun saya dan ini adalah awal yang baik untuk saya tahun ini jadi tolong hubungi mereka sekarang (globalfundfoundation9@gmail.com)

    in: January 19, 2018 at: 12:15 pm

  • lbarhim mahud [ ] said:


    Terapkan ke Global Fund Foundation untuk mendapatkan pinjaman asli dan di sana saya baru saja mendapat pinjaman pada hari senin 15/01/2018 mereka telah mencerahkan tahun saya dan ini adalah awal yang baik untuk saya tahun ini jadi tolong hubungi mereka sekarang (globalfundfoundation9@gmail.com)

    in: January 19, 2018 at: 12:15 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: January 25, 2018 at: 7:25 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: January 25, 2018 at: 7:26 pm

  • rose anna [ ] said:


    Halo, Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi setiap orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (roseannamoore70@gmail.com)

    in: March 1, 2018 at: 9:21 pm

  • Alfred Nehemia [ ] said:


    Kabar baik!! pencari pinjaman !!! Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah. jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    in: March 19, 2018 at: 8:23 am

  • Asep Novita [ ] said:


    Halo semuanya Dengan fakta bahwa ONE BILLION RISING FUND adalah pemberi pinjaman yang sejati dan saya adalah saksi hidup dari perusahaan ini. Saya Novita Asep, dan baru minggu lalu saya membaca tentang SATU BILLION RISING FUND sebagai satu (Nyonya Efendi Ratu Lisa) memberi kesaksian tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari perusahaan, jadi saya mengambil bunga karena saya memerlukan uang untuk memperbesar bisnis saya, seperti yang telah saya dengar Sebagian besar teman saya berbicara tentang bagaimana mereka di mana menabung untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan pinjaman Ini adalah waktu saya untuk mengajukan pinjaman secara online dan perusahaan tersebut benar-benar menunjukkan bahwa saya senang karena saya diberi pinjaman kepada perusahaan dan perusahan mo dari perusahaan ini adalah bahwa pemberian pinjaman mereka mudah dan cepat. Saya menyarankan setiap pencari pinjaman untuk mengajukan permohonan ke perusahaan ini dan stres fianacial Anda akan berakhir karena perusahaan itu asli Hubungi perusahaan: onebillionrisingfund@gmail.com BBM: D8E814FC Asep Novtia Gmail: asepnovita2@gmail.com

    in: March 29, 2018 at: 11:41 am

  • Victoria Alberto [ ] said:


    Halo, nama saya ialah Victoria Alberto, mangsa penipuan di tangan peminjam palsu. Saya telah kehilangan kira-kira RM 6,000 kerana saya memerlukan modal besar sebanyak RM 80,000. Saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi. perniagaan saya dimusnahkan, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Saya tidak dapat berdiri lagi. Pada bulan Mac 2017, saya bertemu seorang rakan yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Puan Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman dalam sebuah syarikat. ibu yang baik saya ingin menggunakan peluang ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati anda. Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk memberi nasihat kepada rakan-rakan malaysia, bahawa terdapat banyak penipu di luar sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya daftar melalui Puan Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika anda mempunyai sebarang keraguan. sila dia satu-satunya orang yang boleh dipercayai dan boleh dipercayai. Terima kasih.

    in: April 10, 2018 at: 8:29 am

  • ramadhanislamiyatloans@gmail.com [ ] said:


    Di dalam Islam Allah mengajarkan kepada kita bagaimana memberi yang terbaik terutama ketika tetangga Anda dalam kebutuhan keuangan, karena kami dan seluruh staf RAMADHAN ISLAMIYAT LOAN FIRM sampai pada kesimpulan bahwa kami harus menyediakan bantuan keuangan bagi mereka yang berada di keuangan kebutuhan seperti mereka yang membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis mereka yang membutuhkan uang untuk proyek yang sangat tinggi didirikan dan kami memberikan pinjaman kepada semua saudara muslim dan saudari kita dan juga untuk non muslim seperti Mashallah {ما شاء الله} Mata uang kami berkisar dari {$, IDR, RM, €, £} ke mata uang lainnya dan semuanya sesuai dengan peraturan Dana Moneter Internasional {IMF} untuk transfer uang sehingga cukup untuk mengatakan bahwa kami sepenuhnya berlisensi untuk mengoperasikan dan bertransaksi bisnis dalam mata uang apa pun di dunia, silakan hubungi kami {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}    Apakah Anda berutang harap menghentikan kepanikan proses kami di sini sangat cepat dan cepat karena Anda dapat membayar semua hutang terutang Anda dalam waktu 48 jam setelah melamar RAMADHAN adalah semua tentang kekudusan sehingga kita tidak menipu atau menipu semua yang perlu Anda lakukan hanya bagi Anda untuk memiliki penghasilan stabil juga harus ada sarana di mana Anda dapat mengidentifikasi diri Anda {KTP} dan kemudian Anda harus memiliki Bank akun di mana Anda ingin kami menyimpan email uang ::::: {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}     Proses di sini tidak rumit, melainkan sangat cepat dan fleksibel Wa 'alaykum al-salaam {وعليكم السلام}

    in: May 12, 2018 at: 4:21 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 336,592
  • Visitors today: 147
  • Visitors yesterday: 164
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,824,841
  • Page views of this page: 4,850
  • counter

 

 

Video Projects