23

JUN  2015

Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2015-06-23

8. Desain Eksterior View dari Jalan

Masjid Nurul Amal yang berada di kampung Bulakjaya, Kelurahan Pantai Harapan, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi ini merupakan sebuah masjid yang terletak dekat laut di pantai utara Jawa Barat. Awalnya berupa masjid kampung sederhana dengan atap tajug bersusun dua. Posisinya cukup strategis dan unik, berdiri di pinggir sungai yang cukup lebar dan dekat dengan perkampungan yang penduduknya sebagian besar memiliki mata pencaharian bertani, beternak dan juga mencari ikan. Sekilas tidak ada masalah dan kesulitan yang berarti pada masjid ini. Padahal, jika musim hujan tiba dan terjadi banjir, tinggi air bisa mencapai 2 meter dan masjid ini sementara waktu tak bisa dipakai untuk beribadah karena terendam air. Jadi harus menunggu air surut dan dibersihkan untuk bisa digunakan lagi seperti biasa. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak kendala dan sekaligus potensi lain pada masjid ini yang perlu dicari penyelesaian dan pemanfaatannya secara kreatif dalam desain yang baru.

 

11. View Ketika Banjir

Secara umum, masalah-masalah yang dijumpai di lokasi masjid ini antara lain aksesibilitas, banjir, ketersediaan air bersih, jalan yang becek dan licin dan lain-lain. Tetapi sebaliknya, ada pula potensi lokal juga yang bisa diberdayakan, seperti material batu kapur, kayu kelapa dan juga kerajinan anyaman bambu yang banyak dihasilkan masyarakat sekitar. Akses menuju ke masjid ini terpisah oleh sungai selebar 20 meter yang harus diseberangi oleh jamaah untuk mencapai masjid, maka mereka harus memakai perahu penyeberangan. Untuk itu perlu dibuat sebuah dermaga yang representatif untuk memudahkan jamaah mencapai masjid, juga paving yang layak agar jalan menuju masjid tidak becek dan licin.

Banjir yang muncul tiap tahun disiasati secara cerdik dengan model bangunan panggung (diangkat ke atas), sehingga ketika terjadi genangan air yang cukup tinggi tak menjadi masalah, dan masjid masih tetap bisa digunakan oleh warga. Masalah air bersih diatasi dengan membuat fasilitas water treatment yang diletakkan di bawah bangunan masjid, agar air yang dipakai untuk berwudlu merupakan air bersih, bukan dari air sungai yang kotor.

Karena lokasi ini merupakan daerah dengan banyak air, maka bagian bawah bangunan panggung juga dimanfaatkan sebagai kolam nila sebagai bentuk pemberdayaan warga lokal, yang sebagian hasilnya bisa dijadikan sumber dana bagi kegiatan masjid.

Madrasah yang terletak sekitar 200 meter dari masjid dijadikan sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dari masjid, sehingga kompleks masjid dan madrasah ini menjadi tempat beribadah dan menuntut ilmu. Di sini dirancang sebuah sekuen, orang menyeberang diarahkan agar lewat madrasah dulu. Dari madrasah yang letaknya tidak begitu jauh dari lokasi masjid, orang bisa berjalan menuju masjid sebagai puncak dari sebuah prosesi.

 

5. Konsep Bentuk

Tema besar yang diusung dalam proses perancangan masjid ini adalah menganyam (to weave), yang bisa ditafsirkan sebagai menganyam ruang dan waktu, merajut hubungan antar manusia, juga antara manusia dan Sang Pencipta. Hal ini diilhami oleh kerajinan masyarakat setempat, yang banyak menghasilkan sesek/gedheg, berupa anyaman bambu/woven bamboo dalam bentuk lembaran-lembaran. Dengan penggunaan anyaman ini akan lebih memberdayakan warga sekitar, dan mereka akan lebih merasa memiliki masjid ini sebagai bagian dari keseharian mereka. Material anyaman bambu juga memiliki masa pakai terbatas yang harus diganti tiap beberapa tahun, maka hasil kerajinan warga sekitar masih akan terus diperlukan demi keberlangsungan (sustainability) dari bangunan masjid ini dari masa ke masa. Dan lagi, daerah Bekasi memiliki simbol berupa tugu bambu, yang menunjukkan bahwa bambu menjadi elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Anyaman bambu ini kemudian dijadikan sebagai elemen ornamentasi pada bangunan utama masjid, yang ditransformasikan ke dalam motif arabesque.

Dengan tema ini, potensi anyaman bambu kemudian dieksplorasi, bisa dipakai sebagai pembatas tetapi masih meneruskan udara dan cahaya. Pemasangan pada bangunan dengan konsep layer, di mana pada bagian kulit bangunan masjid ada 2 layer: bagian luar adalah anyaman bambu sebagai ornamentasi, sedangkan di bagian dalam berupa louvera (krepyak) yang bisa dibuka-tutup sesuai dengan kebutuhan. Ketika terjadi hujan atau angin kencang, maka louvera dari aluminium ini bisa ditutup agar kegiatan ibadah di ruang dalam masjid tidak terganggu. Anyaman pada kulit bangunan ini ketika malam disorot dengan spot-light untuk memberi efek yang dramatis pada eksteriornya.

Sedangkan ide bentuknya mengambil dari tajug yang diambil bagian bawahnya, sehingga menyerupai bentukan piramida yang terpancung. Bentuk ini dijadikan sebagai selubung bangunan utama. Warnanya dominan coklat bambu yang natural dengan menara yang menjulang tinggi, cukup mencolok di lingkungannya. Dengan tema besar anyaman tersebut, masjid ini telah memperhatikan beberapa aspek penting, seperti: hemat energi, sustainable, berkarakter lokal dan selaras dengan alam.

 

10. Birds Eye View

Masjid ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi ibadah, fungi sosial dan pendidikan. Dengan demikian harus bisa membagi dan memanfaatkan ruang untuk ketiga fungsi tadi secara baik dan optimal. Maka dibuatlah beberapa zona ruang, terdiri dari zona ibadah, zona penunjang, zona servis dan plaza. Masjid dan fasilitas penunjang sengaja dipisahkan agar tidak tercampur antara kegiatan ibadah dan non-ibadah.

Masjid Nurul Amal ini juga dibuat kontekstual dengan perubahan pemanfaatan ruang. Dalam kegiatan ibadah harian, zona untuk putri (akhwat) diletakkan di lantai atas, tetapi ketika shalat Jumat, taraweh Ramadhan atau shalat Idul Fitri/Idul Adha sebagai ibadah besar, maka area plaza pun dipakai untuk ibadah, dan zona untuk putri (akhwat) diletakkan di belakang.

Dengan membuat perencanaan yang matang dari ruang-ruang yang cair tersebut - yang bisa dibuat meluas atau menyempit sesuai kebutuhan aktifitas - maka masjid ini menjadi lebih berdaya-guna dan bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berbagai macam kepentingan.

 

9. Desain Eksterior View Malam

Dalam desain masjid ini, unsur-unsur simbolik Islami tak lupa dimasukkan dalam rancangan. Menara masjid terinspirasi dari tugu bambu, tingginya diambil dari jumlah rekaat shalat lima waktu yang diterjemahkan dalam tinggi 17 meter. Simbol 17 rekaat shalat ini juga diwujudkan dalam jumlah tiang lampu yang dipasang di plaza masjid. Juga 99 cahaya yang bersinar dari 99 titik lampu di ruang utama menjadi simbol dari asmaul husna (nama-nama Allah), sedangkan 27 batang bambu pada bukaan ruang melambangkan keutamaan shalat berjamaah (bersama-sama).

Di samping itu, konsep Syariah tetap diterapkan dalam masjid ini. Arah kiblat menjadi acuan berdirinya bangunan, maka masjid dan bangunan penunjangnya serta pola tapak dibuat dengan acuan ke arah kiblat, sehingga shaf shalat bisa lurus dan tidak melenceng, dan warga bisa tahu arah kiblat bahkan dari luar bangunan. Juga pemisahan yang tegas antara akses bagi jamaah putra (akhwan) dan putri (putri), berlanjut pada pemisahan ruang untuk aktifitas ibadah sebagai manifestasi konsep syariah pada masjid ini.

Area utama untuk shalat dibuat bebas kolom, agar aktifitas ibadah jamaah tak terhalang oleh kolom, dan shaf shalat bisa benar-benar lebih rapat. Mihrab dibuat sederhana, berbentuk persegi dengan latar belakang lafadz Allah, untuk menjaga kekhusyukan jamaah dalam beribadah.

 

Nama Proyek: Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)
Lokasi Proyek: Kampung Bulak Jaya, Kel. Pantai Harapan Jaya, Kec. Muara Gembong, Bekasi
Luas Tanah/Bangunan: 1100/774m2
Tahun Perencanaan: 2015
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Tim Arsitek: Imam Prasetyo, ST, Muchammad Ubay, ST, Fathoni, ST, Reni Dwi Rahayu, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST
Teks: Anas Hidayat


  • 1. Latar Belakang

    1. Latar Belakang

  • 2. Solusi

    2. Solusi

  • 3. Konsep Makro

    3. Konsep Makro

  • 4. Transformasi Desain

    4. Transformasi Desain

  • 5. Konsep Bentuk

    5. Konsep Bentuk

  • 6. Potensi Site

    6. Potensi Site

  • 7. Desain Eksterior View dari Sungai

    7. Desain Eksterior View dari Sungai

  • 8. Desain Eksterior View dari Jalan

    8. Desain Eksterior View dari Jalan

  • 9. Desain Eksterior View Malam

    9. Desain Eksterior View Malam

  • 10. Birds Eye View

    10. Birds Eye View

  • 11. View Ketika Banjir

    11. View Ketika Banjir

  • 12. Desain Interior View kearah Mihrab (1)

    12. Desain Interior View kearah Mihrab (1)

  • 13. Desain Interior View ke Area Utama Sholat

    13. Desain Interior View ke Area Utama Sholat

  • 14. Desain Interior View kearah Shaff Putri

    14. Desain Interior View kearah Shaff Putri

  • 15. Layout Plan

    15. Layout Plan

  • 16. Ground Floor

    16. Ground Floor

  • 17. Denah Masjid

    17. Denah Masjid

  • 18. Denah Gedung Serbaguna

    18. Denah Gedung Serbaguna

  • 19. Konsep Zoning dan Akses

    19. Konsep Zoning dan Akses

  • 20. Zonasi

    20. Zonasi

  • 21. Tampak Timur

    21. Tampak Timur

  • 22. Tampak Selatan

    22. Tampak Selatan

  • 23. Potongan AA

    23. Potongan AA

  • 24. Potongan BB

    24. Potongan BB



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Homestay Ponorogo

    Homestay Ponorogo

  • andyrahman architect Office

    andyrahman architect Office

  • Rumah Kos Keputih Jilid 3

    Rumah Kos Keputih Jilid 3

  • Kantor YPKr Buah Hati

    Kantor YPKr Buah Hati


  • Khalilurrahman [ ] said:


    Assalamualaikum wr wb Desain yg luarbiasa dan sesuai kebutuhan masyarakat. Beberapa konsep saya ingin contoh dan terapkan di pesantren saya. Kebetulan kondisinya diatas air, walaupun tidak terancam banjir. Semoga Allah memudahkan.

    in: June 28, 2016 at: 2:16 pm

  • familia [ ] said:


    assalamualaikum. om, ijin save gambar untuk refensi tugas. terima kasih untuk ilmu yang dibagikan.

    in: September 18, 2016 at: 3:30 am

  • earn to die [ http://earntodie.co/ ] said:


    This is a very good free game web site. I also often play in free time . Please visit our website and play exciting game

    in: July 25, 2017 at: 2:36 am

  • age of war [ http://ageof-war.com/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 2:37 am

  • plants vs zombies [ http://plantsvszombiesonline.com/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 2:38 am

  • happy wheels [ https://happywheelsnow.com ] said:


    Great post. I found your website perfect for my needs. Thanks for sharing this information. I really like your post very much.

    in: October 12, 2017 at: 3:51 am

  • Aditya Aulia [ ] said:


    Assalamualaikum Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7) Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    in: January 4, 2018 at: 10:40 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: February 4, 2018 at: 12:52 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: February 4, 2018 at: 12:52 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: February 4, 2018 at: 12:53 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: February 15, 2018 at: 2:43 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: February 15, 2018 at: 2:49 pm

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: March 11, 2018 at: 6:11 pm

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: March 11, 2018 at: 6:14 pm

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: March 12, 2018 at: 2:34 am

  • Mahammad ismali [ ] said:


    kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    in: March 12, 2018 at: 10:47 pm

  • Ahmed Neni [ ] said:


    Selamat siang Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: "" "onebillionrisingfund@gmail.com" "" "" "karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. " BBM: D8E814FC Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com)) Allahu akbar

    in: March 13, 2018 at: 4:42 am

  • Ahmed Neni [ ] said:


    Selamat siang Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: "" "onebillionrisingfund@gmail.com" "" "" "karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. " BBM: D8E814FC Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com)) Allahu akbar

    in: March 13, 2018 at: 4:37 pm

  • Ahmed Neni [ ] said:


    Selamat siang Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: "" "onebillionrisingfund@gmail.com" "" "" "karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. " BBM: D8E814FC Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com)) Allahu akbar

    in: March 13, 2018 at: 4:37 pm

  • Ahmed Neni [ ] said:


    Selamat siang Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: "" "onebillionrisingfund@gmail.com" "" "" "karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. " BBM: D8E814FC Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com)) Allahu akbar

    in: March 13, 2018 at: 4:49 pm

  • Ahmed Neni [ ] said:


    Selamat siang Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar 150.000.000,00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar 150.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: "" "onebillionrisingfund@gmail.com" "" "" "karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. " BBM: D8E814FC Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com)) Allahu akbar

    in: March 13, 2018 at: 4:50 pm

  • Mahammad ismali [ ] said:


    kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    in: March 15, 2018 at: 1:58 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Assalamu`alaikum ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Halo, saya. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek? Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan, kredit macet atau uang untuk uang Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman. Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (annisaahmadlaoncompany@gmail.com) También puede contactarnos por Pin BBM: (DB5121C1) Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK: (Annisa Ahmad) Apa yang salah: ( 393511318582)

    in: April 12, 2018 at: 12:45 pm

  • Okta Mira [ ] said:


    "Alhamdulillah"   Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses   Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Website:(iskandarlestari.wordpress.com) Calls Only ::{ 16264653418} WhatsApp Only::{ 33753893351} Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7) BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)     Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)

    in: April 23, 2018 at: 10:10 am

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Assalamu`alaikum ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Halo, saya. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek? Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan, kredit macet atau uang untuk uang Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman. Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (annisaahmadlaoncompany@gmail.com) También puede contactarnos por Pin BBM: (DB5121C1) Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK: (Annisa Ahmad) Apa yang salah: ( 393511318582)

    in: May 13, 2018 at: 7:26 am

  • slope [ http://sloprun3.com/ ] said:


    I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. I really enjoyed reading this post. big fan, thank you!

    in: May 23, 2018 at: 6:56 am

  • Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: May 23, 2018 at: 4:11 pm

  • Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: May 23, 2018 at: 4:11 pm

  • Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: June 6, 2018 at: 4:51 pm

  • Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: June 24, 2018 at: 12:43 pm

  • Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: June 24, 2018 at: 1:13 pm

  • happy wheels [ http://happywheelsaz.com/ ] said:


    The article you have shared here is very awesome. I really like and appreciate your work. The points you have mentioned in this article are useful. I must try to follow these points and also share others.

    in: July 26, 2018 at: 2:29 am

  • Papa Games [ http://papasgamesonline.com ] said:


    Summer is easy with heavy rain but I like it. It's wonderful to have rainbows after rain, and I watch it until it disappears. It seems to be free but it helps me feel comfortable

    in: August 6, 2018 at: 3:05 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 346,874
  • Visitors today: 76
  • Visitors yesterday: 136
  • Currently online: 3
  • Total page views: 1,867,301
  • Page views of this page: 6,997
  • counter

 

 

Video Projects